TELIKSANDI
NEWS TICKER

Cegah Covid 19, Dinas Kesehatan Boyolali Gelar Pembinaan 323 Kader Asmantoga 

Rabu, 28 Oktober 2020 | 7:28 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 18

Boyolali | Teliksandi.id – Dalam rangka penguatan pencegahan covid-19 di Boyolali dinas kesehatan kabupaten Boyolali gelar pembinaan kepada 323 kader Asmantoga (Asuhan tanaman obat dan keluarga) digedung IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Boyolali.

Pembinaan digelar selama empat hari dari tanggal 20, 21 dan 26, 27 Oktober 2020 secara bergilir pada tiap-tiap rayon kecamatan dengan tetap memperhatikan tata cara protokoler kesehatan.

Mengawali acara ini Kepala Dinas Kesehatan Boyolali Dr. Ratri S. Lina memberikan arahan kepada para kader agar setelah mengikuti pembinaan ini bisa melakukan sosialisasi dilingkungan masing masing bagaimana memberdayakan hidup sehat dan konsumsi empon-empon dengan baik sehingga mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Demikian Retri S. Lina.

Pembinaan ini berlangsung dengan lancar, baik dan penuh semangat serta antusias para kader selalu diakhiri ditiap tiap season berakhir.

Pada season terakhir sekaligus menutup acara ini, Kasie Promkestrat Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali Toyib Handayani, S. Kep mengatakan: “Bahwa rempah rempah merupakan hasil bumi nusantara. Khususnya Boyolali kader bisa memanfaatkannya sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Tanaman empon-empon atau rempah-rempah sebagai bahan ramuan pengobatan yang biasa disebut jamu adalah warisan leluhur yang mempunyai nilai adiluhung ini memiliki kasiat dan mampu memberikan daya imunitas tubuh serta mampu meminimalkan dampak dari pada virus corona.”

Diharapkan dengan Asmantoga ini terjadi sinergitas antara kader Asmantoga yang menyediakan bahan bahan ramuan tradisional dengan HATRA (penyehat tradisional) sebagai pelaksana HATRA yang membutuhkan ramuan dari tanaman tradisional yang disediakan kader Asmantoga.

Sementara itu pemegang program dan pengelola Kesra Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali Reni Sulistiyani,A.Md ditemui ditempat terpisah mengatakan: Asmantoga sudah membuat beberapa inovasi yaitu campuran dari beberapa empon empon jahe merah, kunyit, temulawak dan lain sebagainya suatu kemasan yang bagus menjadi resep yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita terhindar dari dampak covid-19 yang sedang mewabah. (Budi Usdek)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID