TELIKSANDI
NEWS TICKER

Di Saat Pandemi Covid 19, DPN Gercin Serukan Pengurus dan Anggota Peduli Pada Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 14 September 2020 | 7:49 pm
Reporter:
Posted by: redaksi redaksi
Dibaca: 16

JAKARTA | Teliksandi.id Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin) Hendrik Yance Udam, Senin (15/09/2020) di Jakarta mengajak, semua pengurus dan anggota Gercin di seluruh Indonesia untuk berpikir beraktifitas secara ekonomi. Dimana untuk memajukan perekonomian nasional di tengah pandemi covid 19.

Kata pria yang biasa disapa HYU ini menjelaskan, idealisme tanpa kesejahteraan ibaratnya rumah tanpa atap. Oleh sebab itu pengurus dan anggota Gercin di seluruh Indonesia harus sejahtera dan jangan menjadi pekerja politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun harus menjadi pengerak ekonomi dalam mengerakan ekonomi kerakyatan untuk kesejahtraan anggota.

“Majunya suatu negara yaitu 10 persen dari jumlah populasinya menjadi para pelaku wirausaha. Indonesia masih di bawah 3 persen. Hal ini masih sangat rendah sekali. Oleh sebab itu saya mengarahkan agar pengurus dan anggota Gercin di seluruh Indonesia untuk menjadi pelaku usaha,” seru pria hitam manis asal Papua ini.

Menurut HYU, negara maju adalah negara yang mempunyai tingkat standar hidup yang tinggi. Biasanya negara maju memiliki teknologi yang tinggi, ekonomi yang baik dan pembangunan yang merata. Ada delapan syarat yang harus di penuhi untuk menjadi negara maju

1. Pendidikan yang Bermutu

Kriteria pertama yang menjadi acuan agar menjadi negara maju adalah sumber daya manusia berkualitas yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita dapat melihat fakta di lapangan bahwa  negara maju di dunia mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas padahal sumber daya alamnya miskin. Sebaliknya negara dengan sumber daya alam melimpah, seperti Indonesia, belum mampu menjadi negara maju karena sumber daya manusia berkualitas masih kurang. Perbaikan kualitas sumber daya manusia tentu harus dimulai dengan perbaikan mutu pendidikan agar pendidikan negara tersebut bisa sejajar dengan negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Pendidikan merupakan unsur yang harus dipenuhi agar suatu negara bisa unggul dalam berbagai bidang. Dengan mutu pendidikan yang tinggi tentu akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas pula. Sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi modal untuk memajukan bangsa dan negara.

2. Kesehatan Yang Baik dan Terjamin

Kesehatan merupakan investasi bagi sebuah negara untuk mendukung perekonomiannya. Maka dari itu, kesehatan yang baik dan terjamin merupakan syarat kedua yang harus dipenuhi agar suatu  negara bisa menjadi negara maju. Negara yang bermimpi ingin menjadi negara maju harus lebih dulu memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan dan akses bagi masyarakatnya, khususnya masyarakat yang kurang mampu. Kesehatan yang baik dan terjamin akan berpengaruh bagi tingkat kualitas hidup masyarakat. Selain itu, kesehatan juga berpengaruh pada mutu pendidikan. Tanpa didukung kualitas kesehatan yang memadai, proses peningkatan mutu pendidikan tidak akan berjalan lancar.

3. Pembangunan Infrastruktur yang Merata

Pembangunan infrastruktur di negara berkembang biasanya hanya terpusat di daerah kota-kota besar saja, sebaliknya di daerah terpencil pembangunan sangat minim. Hal semacam ini yang mengakibatkan tingginya kesenjangan sosial antara daerah satu ke daerah lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur yang merata, khususnya di daerah-daerah yang selama ini belum terjamah. Pembangunan infrastruktur tidak hanya berupa infrastruktur fisik saja, seperti akses transportasi. Tetapi pembangunan infrastruktur non fisik juga perlu diperhatikan, seperti jaringan komunikasi telepon dan internet, pasokan listrik, dan sebagainya.

4. Peningkatan Produktivitas Kerja

Peningkatan produktivitas kerja harus dibarengi dengan perluasan lapangan kerja dan menciptakan mental wirausahawan. Keterbatasan lapangan pekerjaan merupakan salah satu penghambat tumbuhnya perekonomian di negara berkembang. Kurangnya ketersediaan lapangan kerja di suatu negara mengakibatkan tingginya angka pengangguran dan menimbulkan kemiskinan. Oleh karena itu, program untuk memperluas lapangan kerja merupakan langkah penting yang harus dilakukan, serta diperlukan program pemerintah yang mampu mendorong terciptanya wirausahawan. Hal ini tentu berhubungan dengan sistem pendidikan suatu negara, dimana sistem pendidikan tidak hanya melahirkan tenaga kerja yang terampil, tetapi harus mampu menciptakan manusia bermental wirausahawan yang tangguh.

5. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Baik

Pengelolaan sumber daya alam perlu diperhatikan bagi sebuah negara karena berpengaruh bagi pembangunan ekonomi. Sebuah negara harus mampu mengelola sumber daya alam secara mandiri. Negara yang mampu mengelola sumber daya alam dengan baik dapat menambah pendapatan negara dan meningkatkan perekonomian. Selain itu, pengelolaan sumber daya alam harus memegang prinsip pembangunan berkelanjutan supaya generasi selanjutnya tetap bisa menikmati potensi sumber daya alam di kemudian hari.

6. Pengembangan Teknologi

Sebuah negara maju biasanya memiliki teknologi yang canggih dalam berbagai bidang, maka dari itu pengembangan teknologi menjadi syarat selanjutnya bagi sebuah negara yang ingin menjadi negara maju. Dewasa ini perkembangan teknologi semakin cepat dan tidak bisa dibendung, sehingga memaksa kita untuk mengikuti perkembangan teknologi. Begitu juga dengan sebuah negara, perlu dilakukan program untuk meningkatkan teknologi baik dalam ekonomi, politik, komunikasi, sosial, dan budaya. Teknologi itu pula yang akan memberi kemudahan bagi proses pembangunan ekonomi.

7. Pemberantasan Tindakan Korupsi

Tindakan korupsi merupakan hal yang merugikan bangsa dan negara, maka dari itu perlu dilakukan tindakan yang tegas untuk memberantas korupsi yang seolah-olah sudah menjadi budaya. Pembangunan ekonomi sebuah negara tidak akan berjalan lancar jika tindakan korupsi masih bebas dilakukan. Sebuah negara yang ingin menjadi negara maju perlu melakukan upaya dalam hal pemberantasan korupsi, seperti upaya pencegahan, upaya tindakan dan upaya edukasi. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menanamkan pemikiran yang bersih dan jujur serta himbauan bagi masyarakat. Upaya tindakan dapat dilakukan dengan peningkatan tindakan dan pembenahan hukum yang nantinya akan memberi efek jera kepada pelaku tindakan korupsi. Lalu upaya edukasi juga perlu dilakukan, seperti memberikan edukasi ke kepada masyarakat tentang pendidikan anti korupsi sejak dini. Sehingga masyarakat akan sadar bahwa tindakan korupsi merupakan hal yang berbahaya dan menghambat proses kemajuan bangsa dan negara.

8. Niat dan Tekad Yang Kuat

Setiap negara yang ingin menjadi negara maju tentu harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-citanya. Syarat-syarat yang disebutkan diatas tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat. Pemerintah dan setiap warga negaranya harus bersama-sama berjuang dan saling mendukung untuk memajukan negerinya, sehingga cita-cita untuk menjadi negara maju bisa tercapai. (red)

Penulis      : RB. Syafrudin Budiman, SIP
Editor         : Selamet
Publisher  : Redaktur

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID