TELIKSANDI
NEWS TICKER

Dibudidayakan Di Daerah Tropis Tanaman Stroberi Bisa Tumbuh Dan Berbuah

Senin, 10 Februari 2020 | 1:47 am
Reporter:
Posted by: Redaksi
Dibaca: 43

Teliksandi.id, Pasbar Prov. Sumbar – Stroberi umumnya dikenal dengan tanaman yang seakan hanya bisa hidup dan berbuah di daerah bersuhu dingin.

Anggapan inilah, yang membuat Dasmiati (45), yang tinggal di Komplek Pertanian Sukomananti Kecamatan Pasaman, merasa tertantang untuk membudidayakan tanaman ini di area pemukimannya.
Dirinya lalu menanam tanaman ini di pot polibek, yang berisikan campuran tanah humus, pupuk kandang, sekam dan kulit padi. Sebanyak 400 pot tanaman stroberi dicoba untuk ditanam dan dibudidayakan di pekarangan.
Dasmiati juga melakukan pemupukan, dengan campuran Pupuk Kandang NPK, KCL sekali seminggu. Setelah 2,5 bulan berlalu, tanaman stroberi ternyata mulai berbunga dan berangsur – angsur menjadi buah, hingga mulai matang dan bisa dipanen di usia 3 bulan.
Ketika ditemui di Kediamannya di Komplek Pertanian Sukomananti pada Minggu (9/2). Dasmiati mengungkapkan rasa syukur, karena budidaya stroberi yang ditekuninya telah membuahkan hasil.
“Alhamdulillah, tanaman ini telah panen, dan sering dibeli anak – anak, remaja dan orang dewasa buat jus. Ada juga yang membeli perkilo, sesuai dengan stok buah yang ada”, ujar Dasmiati.
Hanya saja, dirinya terkendala dengan adanya hama tanaman, seperti semut dan ulat daun, yang menyerang tanaman. Dasmiati menuturkan, belum menemukan obat anti hama yang tepat buat tanaman ini.
Istri dari salah satu tokoh pemekaran Pasaman Barat, Buya Masnil tersebut, berharap suatu saat nanti budidaya stroberi, yang dikembangkannya, bisa menjadi sarana rekreasi Taman Wisata Petik Stoberi.
“Inginnya sih, budidaya tanaman stroberi ini terus berkembang dan bisa menjadi sarana rekreasi Taman Stroberi Petik Langsung suatu saat nanti. Mudah – mudahan ada perhatian dan dukungan juga dari instansi terkait dalam proses perkembangannya”, lanjut Dasmiati. (Zein)

Share this:

1
[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID