TELIKSANDI
NEWS TICKER

Gapoktan Sungai Janiah Programkan Panen Raya 2 kali Setahun

Rabu, 27 November 2019 | 3:01 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi Teliksandi
Dibaca: 47

Pasbar Prov.Sumbar, teliksandi.id- Demi meningkatkan kesejahteraan petani dan sekaligus untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian, Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan ) Sungai Janiah Nagari Talu Kecamatan Talamau melaksanakan Program Panen Raya 2 kali dalam setahun.

Program tersebut, ternyata mendapatkan dukungan langsung dari Anggota DPR RI Hj. Nevi Zuairina, dengan memberikan bantuan 6 unit alat mesin pertanian serba guna kepada kelompok tani di Sungai Janiah.

Penyerahan bantuan dilaksanakan pada peluncuran program Panen Raya 2 kali Setahun, yang bertemakan Rang Talu Baa Kaba pada Senin (25/11) di lapangan persawahan masyarakat.

Hadir pada momen ini Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Candra, Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat Sukarli beserta jajarannya.

Turut hadir Wali Nagari Talu Sodran Hakim, Pengurus dan anggota Gapoktan Sungai Janiah, Tokoh masyarakat dan masyarakat setempat, yang sangat antusias dengan adanya program tersebut.

Ketika dimintai keterangannya pada Selasa (26/11) mengenai program ini, Ketua Kelompok Subarang Rajang Mahrizal mengungkapkan bahwa, panen 2 kali setahun merupakan ide dan percobaan kelompoknya.

“Awalnya kami tanam padi dan panen sekali setahun saja, namun dengan adanya ide bersama dengan angggota kelompok tani Subarang Rojang, kamipun berinisiatif untuk mencoba tanam padi dan panen 2 kali setahun”, ujar Mahrizal.

“Setelah dicoba, ternyata bisa dan hasil panen juga tak kalah dengan panen sekali setahun. Untuk itu, kami mencoba meresmikan program ini, dengan tujuan memotivasi petani dan kelompok tani lainnya di Nagari Talu”, lanjutnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI ibuk Hj. Nevi Zuairina, yang telah peduli dan memberikan bantuan alat mesin pertanian, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami semua”, tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Mahrizal juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar dan Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Pasbar, atas dukungannya dalam pelaksanaan program panen 2 kali setahun, yang mereka jalankan.

Dirinya beserta anggota Gapoktan Sungai Janiah, sekaligus meminta dukungan Pemkab Pasbar, Pemerintah Kecamatan Talamau dan Nagari Talu agar terus memberikan perhatian dan dukungan kepada para petani di Sungai Janiah khususnya dan Nagari Talu pada umumnya. (Zein)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID