TELIKSANDI
NEWS TICKER

Kelompok Tani Tegal Makmur 2, Gelar Sosialisasi Penanaman Porang

Selasa, 3 Desember 2019 | 10:27 pm
Reporter:
Posted by: Telik Sandi
Dibaca: 124

TELIKSANDI.ID | TEMANGGUNG – Bertempat di Dusun Jumprit Desa Ngadirejo Kabupaten Temanggung oleh sejumlah anggota kelompok tani dan tamu undangan dari Forum Komunitas Peduli Nasib Buruh (Forkompenab) selalu Ketua Umum Rohimin, hadir pula dari PT Angri Lestari ( Biotek ) Sudibyo Sarjono dan sejumlah investor dari pihak PT yang Menapung Porang. Yaitu Mun dan Triyono. Senin (2/12) Pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Saat sambutan, Jarwono Ketua Kelompok Tani Tegal Makmur 2 mengatakan, dalam. penglihatannya dengan melemahnya ekonomi penghasilan petani di binaannya, kini melakukan terobosan dengan cara menerapkan tanaman tumpang sari dengan budidaya umbi Porang.

“Harapan kami kedepan dengan adanya porang ini, baik di kelompok binaanya dan msyrakakat sekitar bisa menikmati hasil yang lebih baik, untuk mendongrak ekonomi masyarakat di Dusun Jumprit khususnya menuju petani sejahtera,” ungkap Jarwono.

Bila di kaji lebih dalam, jenis dan tanaman porang sangat beragam, yaitu orang adalah jenis umbi- umbian yang juga di kenal dengan iles-iles. Porang termasuk spesies amorphophallus mulelleri. Porang juga bisa di gunakan untuk cosmetic dan bentuk tanaman Porang yang bisa di manfaatkan adalah tepung Porang untuk tepung baku cosmetic hingga di buat lem.

Kemudahan tanam Porang dapat ditanam dengan tumpang sari, karena Porang adalah tanaman toleran yang dapat tumbuh di jenis tanah apa saja. Dari segi penjualan ternyata Porang menjadi incaran negara-negara lain dan saat ini Porang di ekpor hingga jepang.

Dalam Acara tersebut disambut dengan sangat antusias oleh sejumlah anggota kelompok tani, dengan harapan dengan adanya umbi Porang ini bisa menambah dan menghasilkan hasil yang lebih baik, agar bisa membantu masyarakat petani pada umumnya. (tim)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID