TELIKSANDI
NEWS TICKER

KPU Demak luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada Demak 2020

Kamis, 14 November 2019 | 9:04 am
Reporter:
Posted by: Telik Sandi
Dibaca: 213

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak meluncurkan maskot yang diberi nama ‘Sira Blangkon’ dan jingle Pilkada Kabupaten Demak 2020. ‘Sira Blangkon’ resmi menjadi maskot KPU Demak dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan digelar pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

Peluncuran diselenggarakan bersama dengan pagelaran seni budaya tari Nusantara ‘Menyongsong Pilkada Demak Tahun 2020’ di aula utama IPHI, Demak. Ini artinya bahwa KPU Kabupaten Demak siap melaksakan Pilkada Demak Tahun 2020. Selain itu peluncuran tersebut merupakan bagian dari konsolidasi yang dilakukan KPU Kabupaten Demak kepada stakeholder, pengurus partai politik, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan awak media agar ke depannya sama-sama memiliki tanggung jawab dalam mensosialisasikan dan mensukseskan Pilkada Demak 2020. (14/11/2019).

Menurut Siti Ulfaati, Komisioner KPU Demak Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, ‘Sira Blangkon’ merupakan perpaduan ekosistem lokal dengan ciri khas kebudayaan Demak. ‘Sira Blangkon’ merupakan singkatan dari Si Rajungan dan Blangkon.

Maskot yang diluncurkan KPU Demak berupa gambar rajungan lengkap dengan pakaian Jawi Jangkep, pakaian adat Demak diera kesultanan Bintoro Demak. Tentu pakaian khas Demak ini sudah seharusnya dilestarikan atau diuri-uri. Kemudian rajungan merupakan salah satu produksi perikanan kota wali yang kini telah mendunia, bahkan dari data statistik perikanan tangkap wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) Kabupaten Demak merupakan salah satu penghasil rajungan terbesar di Indonesia.

‘Sira Blangkon’ dipersonifikasi dengan mimik tersenyum untuk memberikan kesan positif penyelenggaraan Pilkada Demak 2020. Besar harapan dari proses pemillihan Bupati dan Wakil Bupati Demak tahun 2020 nanti diharapkan terpilih pemimpin yang bisa membawa Demak lebih maju lagi. Seperti tagline yang di usung oleh KPU Demak dalam pilkada Demak tahun 2020, yaitu ‘Tinta Ungu untuk Demak Maju. Pungkas Ulfa.

Lewat acara peluncuran maskot dan jingle ini, Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi sekaligus resmi membuka rangkaian Pilkada Demak 2020. Peresmian disimbolkan dengan pemukulan Beduk dan kentongan yang diikuti oleh anggota komisioner lain.

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID