TELIKSANDI
NEWS TICKER

Malam Pengesahan Warga Tingkat 1 PSHT Cabang Boyolali

Sabtu, 7 September 2019 | 11:00 pm
Reporter:
Posted by: Telik Sandi
Dibaca: 487

BOYOLALI, TELIKSANDI.ID – Boyolali PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) Cabang Boyolali, Jawa Tengah lakukan giat wisuda atau mengesahkan anggota baru. Tepatnya Hari Sabtu malam (7/9/19) di Gedung Restu Wijaya Simo Jln.Simo-Bangak, Pelem, Boyolali.

Ketua PSHT Cabang Boyolali, Kang Mas Khomarudin, ST, mengatakan, sebelum di wisuda atau disahkan seluruh anggota baru, sebelumnya sudah mengikuti tradisi yang wajib diikuti, yakni tes kesehatan, serta mengikuti sarat -sarat tertentu untuk melangkah ke pengesahan di antaranya tes ayam jago daun sirih.

Untuk ayam jago yang di anggap memenuhi syarat yang nantinya untuk di potong dan di masak sejenis ingkung.

“Tes ayam jago dengan sarat tertentu yaitu tanpa cacat dan sehat, yang natinya akan disembelih untuk di sajikan untuk di konsumsi bersama-sama saat malam pengesahan, ini bertujuan mengajarkan kepada calon warga PSHT untuk siap berkorban atau bersedekah memberikan terbaik yang dimilikinya kepada masyarakat. Serta menjadi jago yang bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan agama” ungkapnya.

BACA JUGA: 

Masih menurutnya, setiap anggota PSHT diajarkan menjadi manusia yang berbudi luhur, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjalin rasa persaudaraan, melalui pelajaran beladiri pencak silat yang di dalamnya terkandung unsur-unsur olahraga dan seni beladiri yang merupakan warisan para leluhur, merupakan seni budaya bangsa indonesia yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Kang Mas Trimin, selaku dewan penasehat PSHT Kabupaten Boyolali berharap dengan di sahkan siswa menjadi warga 1 yang natinya bisa menjadi manusia yang berbudi luhur serta menjaga persaudaraan dan yang terpenting bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurutya belajar bela diri pencak silat ini bukan untuk sok jagoan atau gagahan itu yang perlu di ingat dan di jalankan dalam kehidupan bermasyarakat, sesuai filsafah Jawa Ojo Adigang Adigung Adiguno (Mengandalkan kekuatan dan menyombongkan diri) karena ajaran PSHT yang sebenarnya ajaran yang sesuai ajaran agama yang ada” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengesahan atau wisuda warga baru PSHT berjumlah 725 calon Warga .Untuk penyembelihan ayam jago yang di laksanakan di setiap ranting masing – masing .

“Untuk warga PSHT tingkat 1 di Boyolali sudah mencapai ribuan, dan harapan kami ke depan untuk calon warga bisa bermanfaat, sehingga diharapkan seluruh warga berperan aktif serta menjadi pelopor pembangunan, penyebar kebaikan, tentu tetap menjaga kerendahan hati,” tandasnya. (Imron/Bamg)

 

 

 

 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID