TELIKSANDI
NEWS TICKER

Memilih Metode Pembelajaran Daring Yang Efektif dan Efisien

Rabu, 1 September 2021 | 11:56 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 75

Rokhmaningsih, S.S.,

Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 2 Klaten

 

Klaten | Teliksandi.id – Dalam dunia pendidikan ada beberapa faktor yang mendukung keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Keberhasilan ini bukan hanya dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan disampaikan, akan tetapi guru juga dituntut untuk bisa memilih metode pembelajaran yang efisien dan efektif.

Dalam kompetensi Pedagogik, seorang guru harus menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Hal ini meliputi penguasaan kompetensi guru dalam menerapkan beberapa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampunya.

Pandemi Covid 19 belum berakhir, bahkan semakin merajalela maka sistem pebelajaran Daring masih dijalankan. Sistem pembelajaran ini membutuhkan sarana penunjang pendidikan. Salah satu sarana yang penting adalah internet. Pembelajaran ini berbasis ICT ( Information, Communication, and Tecnology ). Keberhasilan pembelajaran Daring ditunjang olen interaksi yang efektif antara guru dan peserta didik.

Untuk beralih dari pembelajaran tatap muka ke model pembelajaran Daring itu tidak mudah bagi peserta didik maupun guru. Pembelajaran Daring ini bisa dimualai dengan memilih metode pembelajaran yang tepat.

Metode Blended Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan dua pendekatan, yaitu sistem daring dan tatap muka dengan menggunakan vidio converence. Meskipun peserta didik dan guru melakukan pembelajaran jarak jauh, meraka masih bisa berinteraksi satu sama lain.

Dikutip dari Sibatik.Kemendikbud.go.id Yane Henadrita mengungkapkan bahwa Metode Blended Learning merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan koknitif para peserta didik.Pembelajaran Daring ini memerlukan pengelolaan dan manajemen pembelajaran yang khusus, baik dari peserta didik maupun guru, supaya tujuan pendidikan bisa terwujud.
Keberhasilan pembelajaran Daring ditunjang adanya interaksi dan komunikasi yang efektif antara peserta didik dan guru, interaksi antar peserta didik, hal ini dilakukan untuk mengurangi kejenuhan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Daring. Interaksi ini juga bisa meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa dalam pendalaman materi, mengerjakan soal-soal latihan dan soal-soal ujian.

Pembelajaran bisa dikatakan berhasil apabila ada tujuan yang akan dicapai, jadi dengan menggunakan metode blended learning ini, penulis ingin meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 2 Klaten.

Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran Blended Learning ini adalah (1) Guru meng-upload materi pelajaran dan tugas-tugas dalam aplikasi Microsoft Team, (2) Guru menginformasikan kepada siswa untuk mempelajari materi dan mengerjakan tugas-tugas yang sudah di upload di aplikasi Microsoft Team (3) Guru mengecek kehadiran siswa , (4) Guru menjelaskan materi pelajaran dengan memaparkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh peserta didik pada akhir pembelajaran, (5) Guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada peserta didik utuk memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari serta memberikan jawaban dari permasalahan yang sulit dimengerti oleh peserta didik, (6) Guru memberikan penghargaan dan pujian kepada peserta didik yang berhasil mengerjakan tugas dengan sempurna, (7) Guru memberikan evaluasi atau latihan soal dalam bentuk ulangan harian melalui aplikasi microsft team yang telah dipersiapkan.

Penerapan metode Blended Learning ini merupakan model baru dalam pembelajran Bahasa Inggris di SMK Negeri 2 Klaten. Diharapkan metode baru ini bisa memberikan suasan belajar daring yang berbeda dari biasanya.

Berdasarkan pengamatan penulis, Dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning ini bisa meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajran khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris. (Suci) 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID