TELIKSANDI
NEWS TICKER

4 Putra Mahkota ini Diprediksi Masuk Kabinet Jokowi

Kamis, 4 Juli 2019 | 11:17 pm
Reporter:
Posted by: Telik Sandi
Dibaca: 179

Agus Harimurti Yudhoyono, Diaz Hendropriyono, Prananda Prabowo, Ilham Habibie. 

 

POLITIK, TELIKSANDI.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Penetapan ini setelah hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua permohonan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam perkara sengketa Pilpres 2019.

Penetapan Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin negeri ini mengakhiri drama kontestasi politik Pemilu yang berlangsung hampir sepuluh bulan.

Meskipun Jokowi terpilih lagi menjadi presiden periode kedua bukanlah perkara mudah dalam menyusun kabinet. Walaupun sudah berpengalaman membentuk kabinet, Jokowi harus pandai mencari pembantunya yang tepat agar kelak bisa membantunya.

Ada sejumlah nama yang santer disebut-sebut akan menduduki jabatan menteri dalam kabinet Jokowi periode kedua ini. Mereka sudah populer dan memiliki kriteria muda dan cerdas. Di antaranya.

 

1. Agus Harimurti Yudhoyono

SBY dan AHYSBY (kiri) dan AHY (Foto: Instagram)

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut punya kans untuk jadi menteri dalam kabinet Jokowi periode kedua. Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) itu dinilai cocok menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga yang kini dijabat oleh Imam Nahrawi.

Bagaimana peluangnya?

“AHY, punya peluang sebesar 45-55 persen,” ujar Peneliti dari Pusat Ilmu Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati kepada Tagar, Kamis, 4 Juli 2019.

Peluang yang dimiliki AHY itu menurut Wasisto masih dapat berubah. Karena, Partai Demokrat bukan merupakan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pemilu 2019.

“Tergantung pada komunikasi SBY dan Jokowi soal masuk atau tidaknya Demokrat ke pemerintahan,” ucapnya.

 

2. Diaz Hendropriyono

Diaz Hendropriyono dan AM HedropriyonoDiaz Hendropriyono dan AM Hendropriyono. (Foto: Instagram/diaz.hendropriyono/pkpijakarta)

Putra ketiga mantan Kepala BIN, Abdullah Makhmud Hendropriyono, Diaz Hendropriyono dikabarkan juga akan menjabat menteri Jokowi. Selain masuk dalam kriteria sosok muda, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini pun punya kontribusi memberikan dukungan pada Jokowi-Ma’ruf dalam pemilu 2019.

“Peluang Diaz mungkin tidak terlalu kuat. Terlebih lagi, PKPI tidak masuk partai parlemen pada 2019-2024. Apalagi keluarga Hendropriyono sudah diwakili oleh Jenderal Andika, yang banyak disebut sebagai calon kuat Panglima TNI,” kata Wasisto.Namun, peluangnya untuk menjadi menteri Jokowi diprediksi hanya 20-25 persen saja alias kecil jika dibandingkan dengan yang lain.

“Peluang Diaz mungkin tidak terlalu kuat. Terlebih lagi, PKPI tidak masuk partai parlemen pada 2019-2024. Apalagi keluarga Hendropriyono sudah diwakili oleh Jenderal Andika, yang banyak disebut sebagai calon kuat Panglima TNI,” kata Wasisto.

 

3. Prananda Prabowo

Prananda dan MegawatiPrananda Prabowo dan Megawati Soekarnoputri. (Foto: istimewa)

Putra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo tak luput disebut-sebut punya peluang untuk menjadi menteri dalam periode kedua Jokowi. Hampir tidak pernah menampakan diri di hadapan publik, Nanan panggilan akrab Prananda, adalah Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDIP, partai pengusung Jokowi menjadi presiden.

Kendati tak menampakan diri, Nanan yang dinilai punya kontribusi mendulang suara untuk PDIP dalam pemilihan legislatif 2019. Bahkan peluangnya diprediksi sebesar 70-80 untuk duduk di kursi menteri kabinet Jokowi.

“Nanan besar kemungkinan dilirik untuk mengganti posisi Puan yang diproyeksi jadi ketua DPR atau Fraksi PDIP,” tutur Wasisto.

 

4. Ilham Habibie

Ilham dan BJ HabibieIlham Habibie dan BJ Habibie. (Foto: Instagram/bj.habibie/ist)

Nama lain yang juga disebut memiliki kans untuk menjadi menteri adalah Ilham Akbar Habibie. Putra sulung Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie ini memang tidak bergelut dalam dunia politik.

Ilham yang lebih terkenal sebagai pakar penerbangan, pembuat pesawat, dan pengusaha ini dinilai Wasisto punya peluang 45-55 persen. Mengingat, Jokowi akan mempertimbangkan figur untuk mengisi kabinet, yakni 10 persen purnawirawan, 45 persen kalangan profesional, dan 45 dari kader partai koalisi.

“Masih ada kesempatan, terlebih karena Jokowi lebih menginginkan figur profesional dan teknokratis dalam visinya tentang Indonesia Maju,” ucap Wasisto.

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID