TELIKSANDI
NEWS TICKER

Seni Art’camp Butuh Sentuhan Pemerintah Bukan Janji Politik

Minggu, 14 Juni 2020 | 11:28 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 72

Teliksandi.id | Jambi – Seni adalah sebuah keahlian yang bermutu dilihat dari segi kehalusan, keindahan, fungsi, bentuk dan maknanya.

Di Batanghari Jambi, Romiansyah merupakan ketua dari komunitas seni art’camp yang juga sebagai guru disalah satu sekolah tingkat menengah atas. tidak hanya fokus di seni art’camp, Romi juga pernah tergabung dalam tim kesenian Batanghari dan ia juga mengikuti even even atau festival yang ada di Provinsi Jambi.

Romi mengatakan bahwa seni art’camp di Batanghari, didirikan kurang lebih dua setengah tahun bertujuan untuk mengumpulkan teman teman yang memiliki hobi seni lukis, seni patung, dan seni batik lainnya.

“Kita mendirikan art’camp ini untuk Batanghari agar seninya lebih maju bukan maksud saya seni untuk di Batanghari belum maju karena di Batanghari masih awam tentang seni rupa”.

Romi mengatakan komunitasnya membuat lukisan dinding, patung atau westapel dan memiliki anggota komunitas sepuluh orang.
Romi juga mengatakan, bagi teman teman yang mempunyai bakat seni agar bisa bergabung di komunitas artcamp.

Sebuah seni yang mengahasilkan keindahan akan menjadi sesuatu yang bernilai dan Romi bersama komunitasnya membuat usaha dalam pembuatan patung, gelang, kalung, dan sablon baju.

Namun, perkembangan seni art’camp di Batanghari tidak dilirik atau disentuh oleh Pemerintah. Romi mengatakan bahwa “kalau lirikan atau sentuhan sampai sekarang belum ada, kita masih berdiri sendiri, kita masih punya kegiatan atau bapak bapak ibu ibu yang minta pembuatan taman atau kolam, sambil menyalurkan hobi dapat uang itu asyik”.

Romi sebagai seniman mengatakan “kita orang seni jiwanya bebas lepas, kalau pemerintah membagi uang untuk kita yang mempunyai jiwa seni itu saya berterimakasih banget, tapi kalau kami untuk gabung di dunia politik kita tidak bisa karena seni tidak bisa digabungkan sama politik, nanti kita selalu di batas batasin sementara kita mau berkarya, kita mau bebas, kita tidak ada uangnya kita tetap berkarya”.

Romi sangat menjaga independensi komunitasnya dan tidak terlibat dalam persoalan persoalan politik.  Romi mengatakan butuh perhatian pemerintah saat Romi ingin membuat even art’camp untuk generasi baru agar bakat anak anak generasi baru dapat tersalurkan.

Saat ini teman teman seniman hanya membutuhkan ruang kreativitas dalam bentuk apresiasi dari pemerintah.
(Tim.MOV/APS) 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID