TELIKSANDI
NEWS TICKER

Workshop Jurnalistik MAN 1 Jepara

Minggu, 17 Desember 2023 | 9:51 am
Reporter:
Posted by: redaksi redaksi
Dibaca: 203

Jepara | Teliksandi.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jepara gelar Workshop Jurnalistik dengan tema “Mendalami Dunia Editorial Langkah Langkah Dalam Menerbitkan Berita”, kegiatan yang diprakarsai organisasi kesiswaan jurnalistik “Rainbow” tersebut berlangsung lancar pada pada Sabtu (16/12/2023).

Bertempat di Ruang Laboraturium Bahasa serta dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Negeri 1 Jepara Drs. AH. Rif an, M.Ag dengan di dampingi Waka Kesiswaan Rofiq Prihanto, S. Pd dan dipandu oleh Novi siswa kelas 11 mendatangkan narasumber Andrie Once Anshory (ketua) dan Ahmad Sofyan (anggota) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah MAN 1 Jepara AH. Rif’an menyampaikan Workshop Jurnalistik yang dilaksanakan, agar siswa dapat mengambil manfaat dan ilmu jurnalistik dari latihan yang di berikan oleh narasumber yang sudah hadir memberikan edukasi literasi di Sekolah.

“Kegiatan ini diharapkan mampu melatih siswa, agar memiliki jiwa yang lebih kreatif, Jiwa yang membawa dan menjadikan wartawan-wartawan yang mempunyai kredibitas dan kontrol sosial yang balance (seimbang)”, ucap Rif’an.

Diungkapkan Rif an, Wartawan lebih banyak memikirkan kepentingan orang lain (masyarakat) daripada memikirkan dirinya sendiri.

“Karena jiwa-jiwa wartawan yang benar benar sesuai menjalani kejurnalistikan sesui UUD Pers dan Etika Jurnalistik akan selalu berada di tengah masyarakat dan dapat memberikan edukasi sebagai kontrol penyeimbang.

Kepala Madrasah berharap, dengan workshop jurnalistik, Ketika nantinya berkeinginan serius menjadi menjadi seorang jurnalistik, harus menjadi wartawan yang berintegritas dan berguna untuk masyarakat.

“Menjelang pemilu banyak berita hoak, jadi berhati hati dan lihat apakah mengandung ujaran kebencian, unsur sara atau apapun yang membahayakan informasi kepada masyarakat, jangan asal teruskan (share). pungkas Ahmad Rif’an.

Sementara itu Andrie Once Ketua Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Jepara menyampaikan rasa senangnya dapat bertemu dan memberikan materi berbagi ilmu tentang jurnalistik di MAN 1 Jepara.

“Salut dan bangga kepada kreatif siswa MAN 1 Jepara atas terselenggaranya Workshop Jurnalis yang di laksanakan. Inilah remaja yang kreatif dan inovatif dan berfikir kedepan untuk masyarakat dan kota tercinta,” ujar Once bangga

16 Kecamatan dan 184 Desa dengan geografis jepara yang sangat luarbiasa, membutuhkan banyak wartawan yang mampu berkontribusi dan berintegritas untuk memperkenalkan jepara melalui jendela dunia lewat tulisan dan karya karya jurnalistik yang handal.

Generasi emas yang di gaungkan dan dipersiapkan pada tahun 2045 sangat memerlukan milenial milenial generasi z yang mampu bersaing, kreatif, inovatif dalam gagasan dalam mewujudkan mimpi menjadi nyata.

“Jika ingin menjadi wartawan, niatkan yang baik untuk membangun dan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat dan jadilah wartawan yang berintegritas dan mempunyai wawasan luas”, tandas Once.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Jepara berada di Jl. Raya Bawu Batealit KM 7 Kecamatan Batealit Desa Bawu, terlihat sangat megah. Tidak kalah dengan bangunan sekolah di kota besar bertaraf internasional dengan bangunan kokoh dilengkapi dengan Gor, Laboraturium, Masjid, dan taman yang luas.

Dalam pantauan wartawan yang melihat dilokasi, Siswa di dapati sangat sopan dan sangat mempunyai nilai ahlakul karimah dan budi pekerti yang baik.

(Red/007)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID