TELIKSANDI
NEWS TICKER

Kisahku : Realita Sang Jurnalis. Oleh: Haryadi tl

Jumat, 27 Agustus 2021 | 7:25 am
Reporter:
Posted by: redaksi redaksi
Dibaca: 54

Teliksandi.Id—-Menjadi seorang jurnalis tentu saja menjadi impian besar bagi sebagian orang yang menempuh jalur pendidikan di bidang jurnalistik, bahkan sekarang ini masih banyak orang yang memiliki background pendidikan di bidang lain tetapi beralih profesi menjadi seorang jurnalis. Salah satunya”Haryadi talli. Ia pemimpin redaksi di salah satu media online sekaligus ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) provinsi Sulsel, jurnalis pria yang bernama lengkap haryadi haruna daeng talli ini yang berasal dari Sulawesi Ia merupakan salah satu alumni tehnik Automotive yang beralih profesi kedunia jurnalistik 

“Tantangan saat pertama kali menjadi jurnalis tentu belajar tentang bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik karena background pendidikan saya bukan dari jurnalistik.” Tuturnya saat disambangi awak media baru baru ini.

Dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, tentu menjadi salah satu tantangan yang besar bagi kebanyakan orang. Tetapi untuk Haryadi sendiri, ia mampu menjalaninya dengan prinsip yang ada di dalam dirinya menjadikan tantangan awal saat pertama kali menjalankan tugas seorang wartawan. Dengan tekadnya yang kuat, sekarang ia sudah berhasil menetap menjadi seorang jurnalis di salah satu media. 

Sudah kurang lebih 15 tahun ia tinggalkan basic Automotive dan menekuni profesi sebagai seorang jurnalis. Ia mengambil profesi ini karena memang keinginannya sendiri tanpa paksaan dari pihak siapapun. Menurutnya, profesi ini cukup menantang dan ia sendiri memang menyukai tantangan ini jadi tidak menjadi beban baginya, “tetap santai”. 

“Saat menjalankan tugas sebagai jurnalis hari-hari saya dinamis, setiap hari bertemu dengan orang baru, dan setiap hari juga meliput hal yang berbeda.” Ujar Haryadi.

Menjadi seorang penulis berita pastinya akan di tuntut banyak hal, tidak boleh manja karena pada dasarnya pekerjaan yang dilakukan akan sangat menantang dan tidak jarang bersentuhan dengan hukum terkait karya tulis.

Menurut haryadi, untuk menjadi seorang jurnalis, hal yang sangat mendasar yang harus dimiliki seseorang diantaranya adalah berwawasan luas, kritis, dan skeptis. Seorang jurnalis harus mampu memiliki pengetahuan yang banyak karena akan semakin luas cara berpikir atau cara pandang seseorang dalam memutuskan atau menilai sesuatu. Jadi, bagi orang yang memang memiliki ketertarikan menjadi seorang jurnalis harus terus belajar hal-hal baru dan jangan mudah untuk bosan dan mengeluh.(*)Hrd

 

 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID