TELIKSANDI
NEWS TICKER

Segera Direvitalisasi Pelabuhan Kota Pasuruan, Berikut Harapan Warga Pantura

Minggu, 20 Februari 2022 | 9:54 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 96

Pasuruan | Teliksandi.id – Besar harapan masyarakat Kota Pasuruan memiliki pelabuhan yang dapat menggali potensi dan mendatangkan devisa atau pendapatan daerah akan segera terwujud. Diketahui sebelumnya bahwa Pemerintah Kota Pasuruan telah menandatangani MoU dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) regional III. MoU dilaksanakan pada tahun 2021 yang lalu oleh wakil walikota Pasuruan Adi Wibowo, tepatnya pada hari Senin, tanggal 29 November.

Adapun MoU tersebut berisi rencana pembangunan kawasan wisata bahari sebagai dukungan untuk revitalisasi pelabuhan Kota Pasuruan. Sebelumnya, wawali kota Pasuruan, pernah menyampaikan bahwa agar seluruh perangkat daerah setempat untuk segera menyiapkan gagasan dan ide untuk mengelola pelabuhan Kota Pasuruan mengingat tanpa adanya gagasan dan inovasi maka mustahil pembangunan pelabuhan akan berjalan maksimal.

Sementara itu, Kusuma, selaku juru bicara Lembaga Sosial Masyarakat Pantura Bersatu mengatakan Seperti diketahui bahwa sudah lama Pemerintah Kota Pasuruan ini mengajukan proposal revitalisasi pelabuhan. Tetapi, proses pengusulan tersebut tidak juga mendapatkan jawaban dari PT Pelindo selaku pemilik aset dan baru tahun kemarin menandatangani MOU tersebut.

“Seperti kita ketahui, pelabuhan di kota Pasuruan ini mengalami pendangkalan yang luar biasa sehingga perlu segera dilakukannya normalisasi saya sendiri melihat nelayan tak sampai hati mau mencari nafkah kok susah (sek seret seretan) ya kalau ada penolong kalau tidak ada penolong dari nelayan lainnya kasihan mereka,” kata Kusuma selaku jurkam LSM Pantura bersatu kepada wartawan, Minggu (20/02/2021) pagi.

Kusuma juga menyayangkan apabila pelabuhan yang mempunyai nilai sejarah bagi masyarakat kota Pasuruan ini juga jika di biarkan begitu saja.

“Dulu ada pembangunan yang menghabiskan puluhan miliyar untuk pembangunan lahan TPI namun mangkrak. Apalagi kondisi sepanjang sungai gembong saat ini kan mengalami ke dangkalan dan sehingga dikala musim penghujan atau laut pasang mudah terdampak terjadinya banjir di wilayah perkotaan,” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui bahwa, tak hanya revitalisasi namun nantinya Pelabuhan Kota Pasuruan ini rencananya juga akan dibangun Jalur Lingkar Utara (JLU) dimana yang diharapkan jauh lebih menghidupkan perekonomian di pesisir Kota Pasuruan pada umumnya. (Rahmat)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID