TELIKSANDI
NEWS TICKER

Sego Gurih Ingkung Enak (SGIE) Menu Kuliner Gibran, Membuat Kuwalitas Debat Cawapres Menurun

Rabu, 27 Desember 2023 | 7:14 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 118

Jakarta | teliksandi.id – Deputi politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto menyindir istilah ‘SGIE’ yang dilontarkan cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming ketika bertanya ke cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat debat cawapres semalam.

Andi menyebut SGIE yang dilontarkan Gibran itu mengingatkannya pada sebuah makanan di Yogyakarta.

“Waktu saya mendengar kata SGIE itu, yang saya bayangkan tuh nasi gurih di Jogja. SGIE coba ditanya sego gurih ingkung enak,” kata Andi di Media Center TPN, Jakarta, Sabtu (23/12).

Andi menjelaskan sego gurih ini merupakan makanan khas Yogyakarta berupa nasi gurih santan dipadu dengan ayam goreng. Dengan begitu, ia menyebut terminologi dari suatu akronim belum tentu sama.

“Nah, hal itu yang membuat satu terminologi belum tentu diartikan sama,” ujarnya.

Andi menyebut moderator seharusnya memberikan kesempatan bagi penanya untuk menjelaskan makna dari ucapannya.

Menurutnya, apa yang terjadi dalam debat cawapres semalam justru menyajikan perdebatan yang tak berkualitas bagi masyarakat lantaran disibukkan dengan singkatan, bukan substansi.

“Jadi kemarin Cak Imin kehilangan waktu ya satu, eh dua menit karena tidak bisa memakainya karena langsung dipotong menjadi 10 detik ketika Cak Imin bertanya apa itu SGIE,” katanya.

Pada debat perdana cawapres kemarin, Gibran bertanya pandangan Cak Imin soal SGIE (State of the Global Islamic Economy).

Cak Imin mengaku tak paham atas atas pertanyaan Gibran tersebut karena hanya menyebutkan akronim.

“Terus terang saya tidak paham SGIE,” timpal Cak Imin saat debat Cawapres di JCC Senayan, Jumat (21/12).

Setelahnya, barulah Cak Imin menyampaikan pandangannya soal itu. Ia menyatakan pemerintah harus menyiapkan seluruh regulasi untuk untuk mengembangkan industri halal di Indonesia.

“Termasuk bagaimana membantu sertifikasi secara murah bahkan gratis terutama bagi UMKM-UMKM kita,” kata Cak Imin.

“Gibran; Membuat Kuwalitas Debat Cawapres Menurun, Cawapres Singkatan” Pungkas Andi Widjajanto menyindir istilah ‘SGIE’. (Red) 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID