TELIKSANDI
NEWS TICKER

Sosialisasi KUR UMKM Petani dan Peternak

Minggu, 24 Desember 2023 | 6:50 pm
Reporter:
Posted by: redaksi redaksi
Dibaca: 173

Temanggung | Telikandi.id – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah melalui direktur pembiayaan pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) lakukan sosialisasi program pembiayaan KUR untuk UMKM, petani dan peternak di Gedung Olahraga Desa Campuranom Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung, Sabtu (23/12/2023).

Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah diwakili Muslikhah Setiasih , S.IP, M.MG, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan “kami dukung UMKM Petani dan Peternak untuk memanfaatkan fasilitas permodalan KUR guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya dari sektor UMKM pertanian dan peternakan”.

Ir. Indah Megawati, M.P selaku pemateri dalam acara tersebut menyampaikan bahwa pihaknya mendukung system pembiayaan pembangunan pertanian yang mudah diakses sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan petani ataupun pelaku usaha pertanian dengan cara memfasilitasi kredit atau pembiayaan yang mudah diakses oleh petani ataupun pelaku usaha tani melalui kredit program bersubsidi dan sistem bagi hasil serta menumbuhkan lembaga keuangan mikro agribisnis dari gapoktan penerima BLM-PUAP dengan mendorong ketersediaan subsidi kredit bagi petani dan peternak melalui skim kredit KKP-E, KUPS, KPENRP.

Dimana Indah juga berjanji “kami siap membantu memasarkan hasil produksi UMKM pertanian peternakan dan bahkan bilamana bisa sesuai standar yang ditentukan akan memasarkan hasil produksi ini ke luar negeri”.

Sementara itu, Anis Setyani., S.Pt Dinas pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah berpesan “sapi hasil bantuan harus dijadikan satu kandang bersama dan tidak boleh dibawa pulang ke kandang masing-masing anggota” di sela-sela dirinya menerangkan tentang maksud dan tujuan serta cara pembuatan juga manfaat UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik) untuk UMKM petani peternak dan lahan.

Dipandu MC muda asal Temanggung Andreas Pratomo, kegiatan ditutup dengan melakukan kunjungan bersama di tempat wisata alam Posong Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

(Red/H007)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID