TELIKSANDI
NEWS TICKER

Wabub Labusel Hadiri Upah-upah/Tepung Tawar Calon Jamaah Haji Desa Pangarungan Torgamba Tahun 2024/1445 H.

Kamis, 30 Mei 2024 | 11:03 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 81

Labusel | TELIKSANDI.id – Upacara adat upah-upah dan tepung tawar bagi para calon haji (Calhaj) tahun 2024 Desa Pangarungan, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pangarungan, Rabu,(29/5/2024) atau bertepatan dengan 21 Dzulkaidah 1445 H.

Upacara upah-upah dan tepung tawar ini diadakan sebagai bentuk penghormatan dan Do’a restu bagi calon jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Upacara upah-upah dan tepung tawar adalah tradisi khas masyarakat Melayu yang sarat akan nilai-nilai kultural dan religius.

Upah-upah merupakan simbol harapan dan doa agar perjalanan calon haji diberikan keselamatan, kesehatan, serta kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji.

Tepung tawar, di sisi lain, adalah prosesi pemberian berkat yang dilakukan dengan memercikkan air yang telah diDo’akan, yang diharapkan membawa keberkahan dan perlindungan dari segala marabahaya.

Acara dimulai pada pukul 9:00 wib hingga pukul 11:30 wib di Aula kantor Desa Pangarungan Torgamba sebagai MC Igit Priyawan S.Kom,di mulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Kadus Triyanto dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Desa Pangarungan M.Yusuf Bahri Nst,kata sambutan dari Camat Torgamba Boy Gusman SH,yang mewakili dari tokoh masyarakat H.Lasiono S.Ag,di tempat yang sama dilanjutkan kata sambutan oleh Wakil Bupati Labusel H.Ahmad Padli Tanjung S.Ag.

Dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangga karena ada sejumlah warga desa yang diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini,begitu banyak maknanya ekonomi semangkin sejahtera hingga 23 orang,jamaah terbanyak dari Desa Pangarungan terbanyak di Labusel.

Beliau berpesan jaga kesehatan bapak ibu sekalian agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan sabar Tawakallah, Khusuk,dan jangan Sombong.”Ucap H.Ahmad Padli Tanjung S.Ag

Ia juga berpesan agar para calon haji dapat menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah dengan sempurna.serta ucapan talbiyah untuk para jemaah ; Labbaikallahumma labbaik,labbaikala la syarika laka labbaik.Innal hamda wanni’mata laka Wal mulk.La syarikala.

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi upah-upah dan tepung tawar yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat, seluruh Ketua BKM Desa Pangarungan

Para calon haji duduk dengan khidmat sementara tokoh Agama,Pak Camat dan Wakil Bupati H.Ahmad Padli Tanjung S.Ag mengayunkan daun pisang yang dicelupkan ke dalam air tepung tawar ke arah mereka sambil mengucapkan doa-doa keselamatan.

Masyarakat Desa Pangarungan yang hadir dalam upacara tersebut turut memberikan doa dan harapan agar para calon haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur dan mabrurah

Suasana penuh haru dan khidmat terasa sepanjang acara, memperlihatkan betapa kuatnya nilai kebersamaan dan gotong royong dalam budaya masyarakat Desa Pangarungan

Setelah prosesi upah-upah dan tepung tawar selesai, acara ditutup dengan doa bersama dan, Do’a di pimpin Muhammad Amin Rambe selaku ketua P3N

Para calon haji mendapatkan kesempatan untuk berpamitan dengan keluarga, kerabat, dan tetangga sebelum berangkat menuju tanah suci nantinya.

Calon jemaah haji dari Desa Pangarungan berjumlah 23 orang dengan Estimasi sebagai berikut: Dusun Bantan 13 orang,Dusun Pangarungan 6 orang,Dusun Sidorejo(Konsesi)2 orang Dusun Tempel 2 orang.

Upacara upah-upah dan tepung tawar ini menjadi simbol kebersamaan dan dukungan dari masyarakat Desa Pangarungan Torgamba bagi para calon haji.

Tradisi ini tidak hanya memperkuat ikatan sosial di antara warga Desa tetapi juga menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kultural yang kaya budaya yang mencerminkan Islami

Semoga para calon haji yang diberangkatkan tahun ini dapat menjalankan ibadah dengan baik dan pulang dengan selamat membawa berkah bagi keluarga dan desanya.(Red/MW)

Penulis : Muklas Wartam

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID