TELIKSANDI
NEWS TICKER

Evakuasi penemuan mayat di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Sabtu, 2 November 2019 | 12:33 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 646

BOYOLALI, Teliksandi.id – Tim  evakuasi Gabungan penemuan mayat yang mendaki lereng Gunung Merbabu telah turun gunung dan kembali ke camp pada pukul 16.30 wib.

Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro melalui Kasubag Humas AKP Edy Lillah memberikan penjelasan serangkaian kegiatan evakuasi mayat di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu sebagai berikut :

  1. Tim evakuasi di bagi menjadi 3 SRU ( Search Rescue and Unit)  untuk mempermudah dalam mengevakuasi. Segala peralatan yang di perlukan telah disiapkan diantaranya Kantong jenazah membwa 2 buah kantong jenazah untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan atau tidak kuat membaawa beban mayat terebut. Tim ini berjumlah 75 personil satu orang membutuhkan 2 botol air minum.Tim diperkirakan sampai di titik kordinat sekitar 4 jam.
  2. Pada pukul 09.00 wib SRU 1 ( Search and Rescue Unit I) yang terdiri dari Inafis Polres Boyolali,dan personil dari tim Balai Taman Nasional Gunung Merbabu,MPA Rajawali berangkat dari Resort Selo menuju Batu tulis ( Pos 3).
  3. Pada pukul 10.00 wib Tim SRU 2 (Search and Rescue Unit II) yang terdiri dari Tim Alap alap Merbabu,Barameru,Taruna Jaga baya, berangkat menuju Batu tulis hingga sampai Pos 2.
  4. Pada pukul 11.00 wib SRU 3 ( Search and Rescue Unit 3) yang terdiri Polsek Selo, FPRB,Ideru,berangkat membawa Logistik menuju Pos 2.
  5. Pada pukul 12.00 wib Tim SRU 1 Ngangrong telah menemukan titik obyek sasaran jenazah di Sabana 1, selanjutnya bergabung dengan SRU 1 Selo untuk kordinasi menentukan langkah langkah evakuasi korban, Mobil Ambulance yang semula di siapkan di Pos Ngangrong dipinahkan ke Pos Selo.
  6. Pada pukul 12.00 wib Tim SRU 1 menunggu Tim Inafis melakukan olah TKP.
  7. Pada 13.00 wib Tim Inafis bersama tim tim yang lain bergabung untuk melakukan olah TKP.
  8. Pada pukul 13.20 wib Tim Inafis memasukkan jenazah ke dalam kantong jenazah.
  9. Pada pukul 13.30 wib jenazah di evakuasi melalui jalan Pos Tuk Pakis.
  10. Pada pukul 14.55 wib  jenazah tiba di Posko BTN Merbabu dan langsung dimasukkan ke dalam mobil Ambulance menuju Rumah Sakit Pandan arang Boyolali untuk di lakukan outopsi.
  11. Pada pukul 16.30 wib seluruh tim yang terdiri dari jajaran kepolisian Polres Boyolali Polsek Selo dan seluruh Relawan yang terlibat dalam evakuasi penemuan mayat,melaksanakan  apel konsulidasi di Kantor Resort Selo.
  12. Dan Tim Inafis, Dokes Polres Boyolali dalam keteragannya menyampaikan bahwa dalam diri korban tidak diketemukan adanya tanda tanda bekas tindak kekerasan atau penganiayaan.
  13. Pada pukul 17.30 wib Personil Polri dan semua relawan meninggalkan Kantor Balai Taman Nasional Gunung Merbabu resort Selo.

“Serangkaian kegiatan evakuasi penemuan mayat di kawasan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan selamat”.  terang AKP Edy Lillah Kasubag Humas Polres Boyolali mengakhiri.(Humas res Byl) M.Sarman.

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID