TELIKSANDI
NEWS TICKER

Sosialisasi, Monitoring, dan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bersama Forum PUSPA Jambi

Jumat, 4 Oktober 2019 | 11:25 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 672

KOTA JAMBI, TELIKSANDI.ID – Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Forum PUSPA

Sosialisasi penguatan kelembagaan Pengarustamaan Gender terhadap evaluasi PUG Kota Jambi serta forum PUSPA yang dilangsungkan di Aula TP PKK Kota Jambi Kamis, (3/10).

Monitoring evaluasi yang di monitori oleh ibu Rika Oktavia, SSTP, MH selaku kepala bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, membahas evaluasi pelaksanaa PUG di Kota Jambi. Kota jambi merupakan peringkat terbaik se-Provinsi Jambi dalam penilaian evaluasi PUG diberikan penghargaan pada saat hari ibu tahun 2018 lalu.

Evaluasi pengarusutamaan gender dari Dinas PPPA Provinsi Jambi mengharapkan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Jambi dapat terimplementasi dengan baik. Melalui evaluasi PUG berdasarkan aplikasi 2018 yang lalu, meskipun Kota Jambi meraih penghargaan terbaik se-Provinsi Jambi, tetapi masih banyak yang harus ditingkatkan dan diperbaiki baik dari sisi regulasi, kelembagaan dan implementasi.

Ibu Rika juga mengatakan bahwa hal ini tentu saja tidak lepas dari komitmen Kepala Daerah beserta perangkat daerah yang menjadi driver PUG yaitu Bappeda, Dinas PMPPPA, Bakeuda dan Inspektorat.

Serta partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak atau di singkat dengan istilah PUSPA sebuah forum yang menjadi penguatan dalam Pengarustamaan Gender.

Puspa merupakan suatu amanat dari pemerintah yang mempunyai pembentukan dasar hukum dari Undang-Undang. Puspa yang dikukuhkan pada 14 Desember tahun 2017 lalu memiliki tujuan tidak lain untuk mengaplikasikan bagaimana jangan sampai terjadinya kejahatan terhadap perempuan dan anak yang harus dilindungi.

Fakta dilapangan tingkat khususnya kesejahteraan perempuan dan anak memang menjadi persoalan yang harus diatasi dengan cara bersinergi dalam menagatasinya dan puspa ini merupakan forum atau wadahnya yang didalamnya terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang saling bergandengan tangan bersinergi salam melaksanakan program yang sudah tersusun dengan baik.

Dan dalam hal ini pemerintah mengandeng forum PUSPA sebagai mitra untuk masyarakat, karena pemerintah tidak mungkin menjangkau masyarakat hingga yang paling bawah.

Menurut Ibu Dr. Suzanalisa, SH. MH selaku ketua forum PUSPA Provinsi Jambi, saat ditemui tim Telik Sandi mengatakan bahwa forum Puspa memilik tiga prioritas atau di sebut dengan istilah three end merupaka tiga yang harus diakhiri yakni akhiri kekerasan perempuan, akhiri perdagangan orang dan akhiri kesenjangan ekonomi perempuan.

Ia uga mengatakan hal ini tidak semudah membalikkan telapakan tangan dan ada prosesnya dan paling tidak kita dapat menimalisir jangan sampai tahun depan semakin meningkat. (APS/Teliksandi)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID