TELIKSANDI
NEWS TICKER

Jambi Layak Sebagai Kawasan Strategis Wisata Nasional

Kamis, 2 Januari 2020 | 6:08 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 611

Oleh : Adhi Putra Siaga Sy. S. Pd.

 

Teliksandi.id | Kota Jambi – Saat ini perkembangan kepariwisataan dunia dari tahun ke tahun semakin pesat karena perubahsn struktur sosial ekonomi negara – negara di dunia dan semakin banyaknya orang yang memiliki pendapatan yang semakin baik atau lebih tinggi.

Saat ini kepariwisataan menjadi suatu bentuk potensi ekonomi yang di disain oleh banyak negara menjadi sumber pendapat untuk dapat mendongkrak penerimaan negara di luar pajak, bahkan berwisata saat ini sudah merupakan kebutuhan dasar serta telah menjadi bagian dari hak azasi manusia yang harus dihormati dan dilindungi. 

Terlebih lagi usaha kepariwisataan dapat memperkuat nilai nilai kearifan lokal yang tradisional sebagai suatu identitas kepribadian atau karakter dalam kealamiahan yang bernilai keluhuran setiap daerah atau wilayah dan Bangsa untuk tetap terjaga serta dilestarikan.

Pariwisata dapat meningkatkan harkat, martabat, kesejahteraan manusia serta persahabatan antar bangsa dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia.

Pembangnan kepariwisataan harus dikembangkan dengan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat yang berorientasi pada pembangunan wilayah yang mengacu pada pengembangan aspek sumberdaya manusia, pemasaran, destinasi, ilmu pengetahuan dan teknologi (Undang – undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan).

Provinsi Jambi dikaruniai oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa kaya akan keindahan alam serta flora dan fauna dan banyak peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni dan budaya ini adalah modal besar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Seyogyanya apa yang menjadi arah pembangunan nasional di bidang kepariwisataan dapat terintegral dan terimplementasikan oleh pemerintah daerah di Provinsi Jambi agar pembangunan kepariwisataan di Provinsi Jambi dapat dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai – nilai keagamaan dan budaya yang hidup dalam masyarakat dan adanya pemerataan kesempatan usaha.

Menilik potensi wisata yang ada di Provinsi Jambi seperti Wisata alam Gunung Kerinci, Candi Muara Jambi, Geopark Merangin, Taman Nasional Berbak di Tanjung Jabung Timur, dan Gentala Arasy dengan Sungai Batangharinya di Kota Jambi serta masih banyak potensi wisata lainnya yang tersebar di 11 Kabupaten Kota se Provinsi Jambi, didukung oleh infrastruktur jalan serta penerbangan yang semakin membaik ke tempat tempat tujuan wisata maka sudah waktunya Provinsi Jambi di jadikan sebagai kawasan Strategis Pengembang Kepariwisataan Nasional yang bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, pemberdayaan sumber daya alam daya dukung lingkungan hidup serta pertahanan dan keamanan.

Selamat hari ulang tahun Provinsi Jambi yang ke 63. (Red) BERSAMBUNG >> 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID