TELIKSANDI
NEWS TICKER

Elfi Kadis PUPR : Pembangunan Daerah Baiknya Disinergikan Dengan Orang Rantau

Senin, 14 Oktober 2019 | 10:58 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 558

Kadis PUPR sedang memantau pembangunan jembatan di Kabupaten Mentawai

 

Padang Pariaman TelikSandi.Id – Pemerintah daerah Padang Pariaman yang di pimpin Bupati Ali Mukhni hampir sembilan tahun dan telah masuk dalam dua periode. Kepiawaian Ali Mukhni membangun Kabupaten Padang Pariaman memang cukup meningkat tajam khususnya dalam peningkatan pembangunan Infastruktur baik jalan, jembatan  gedung perkantoran, rumah Dinas Bupati dan Masjid Raya Kabupaten Padang Pariaman.

Ali Mukhni menurut pandangan Elfi calon Bupati yang kini masih bertugas pejabat Kadis PUPR di Kabupaten Mentawai bahwa kepemimpinan Bupati Ali Mukhni perlu dicontoh.

Pembangunan yang dilakukannya cukup bermanfaat dan meningkat tajam. Keberhasilan yang di lakukan selama 9 tahun tentu banyak positifnya ketimbang negatif. Contohnya dengan sedang dilanjutkannya pembangunan kawasan terpadu khusus pendidikan dan lainnya, Tarok City, Main Stadion, Asrama Haji, Sekolah pelayaran dan serta peningkatan pengembangan dibidang pertanian dan perkebunan, pinang wangi, kelapa dan kakao.

Menurut Elfi, Pembangunan yang kini tengah digenjot untuk penyelesaiannya. Apabila nanti belum selesai tentu sudah seharusnya bupati mendatang yang harus mampu menyelesaikan. Untuk itu perlu kerjasama yang saling berdayaguna dimana pada akhirnya apa yang dilakukan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Pro rakyat itu kunci dalam melaksanakan pembangunan.

Untuk meningkatkan ekonomi rakyat  yang menjadi prioritas utama dalam bidang home industri, pariwisata dan pendidikan. Dengan pendidikan yang berkualitas tinggi sudah pasti suatu daerah cepat pengembangannya.Untuk itu perlunya sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai dengan standar pendidikan. Guru yang berkualitas sudah pasti menghasilkan anak didik yang berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Menyinggung tentang rantau dan kampung, Kadis PUPR, Elfi menghimbau para pengusaha yang berhasil di rantau untuk turut serta membangun kampung tercinta. Dan apabila antara orang kampung dan rantau sudah bersatu padu insyaallah apa yang hendak dibangun di Daerah Padang Pariaman berjalan baik dan lancar.

Untuk itu, Elfi melanjutkan bahwa kedepan perlunya menjalin komunikasi yang harmonis pemerintah daerah dan orang rantau. Perpaduan antar dua sisi mata uang ini bila terus dibina dan ditingkatkan betapa luar biasanya kekuatan ini nantinya.

Kadis PUPR Elfi sedang memeriksa pembangunan jalan di Kabupaten Mentawai

Pembangunan Proyek Anai ini tentu sangat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat sekitar dalam rangka peningkatan ekonomi.

Tentang putaran dana setiap tahunnya yang datang ke kampung dari perantau, menurut Elfi  cukup besar.  Jika ada 20 ribu hinga 40 ribu perantau pulang ke kampung setiap tahunnya setidaknya ada putaran dana sekitar 30 miliar yang beredar. Untuk menciptakan agar orang kampung betah dan nyaman perlu adanya fasilitas yang memadai baik itu tempat wisata maupun tempat kuliner yang rapih, bersih dan ramah pelayanan.

Disamping kita harus mampu pula memahami karakter masyarakat kita secara mendalam disamping yang paling dominan diperlukan kesepakatan dan kesepahaman tokoh rantau dan kampung. “Sa ciok, baayam, Sa dancing Babasi,”.  (Berat sama di pikul, ringan sama di jinjing), Basamo, mako manjadi. (Leo/des)

 

 

 

 

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID