TELIKSANDI
NEWS TICKER

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2019 Polres Padang Pariaman

Jumat, 20 Desember 2019 | 1:41 pm
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 581
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2019 Polres Padang Pariaman

 

Padang Pariaman, TelikSandi.ID – Polres Padang Pariaman melaksanakan apel gelar pasukan operasi lilin Singgalang 2019 pada hari Kamis tanggal 19 Desember 2019 sekira pukul 08.30 wib bertempat di Halaman Depan Mako Polres Padang Pariaman.

Dalam kegiatan tersebut Inpsektur Apel Kapolres Padang Pariaman AKBP ZAMRONI WIBOWO, SIK,.MH diwakili oleh Waka Polres Padang Pariaman Kompol Irvan Coa Ampera, SH., MH., komandan Apel Ipda Fahnedi.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Asisten I Pemda Kab. Padang Pariaman Iddarussalam, Kasdim 0308 Pariaman Mayor Inf.Muslim, Pejabat Utama Polres Padang Pariaman, Kapolsek sejajaran Polres Padang Pariaman, serta unsur Muspida Kab. Padang Pariaman. Apel tersebut dihadiri juga dengan satu pleton kodim 0308 pariaman, dishub, Pol PP, Damkar, Kesehatan, dan BPBD Padang Pariaman.

Irup menyampaikan amanatnya,  apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serantak diseluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan hari raya natal 2019 dan tahun baru 2020.

Operasi lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari senin tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan hari rabu tanggal 1 Januari 2020.fokus pengamanan adalah 61.308 objek diseluruh Indonesia , baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan Bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini melibatkan 191.807 personil pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personil polri, 17.190 personil TNI, serta 55.259 personil yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka, pemadam kebakaran, linmas, senkom dan instansi lainnya. Stategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, swiping Ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

 Irup menyampaikan beberapa penekanan :

  1. Tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME
  2. Pastikan setiap personil hadir sesuai ploting serta paham terhadap tugas dan tanggungjawab nya.
  3. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik titik kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
  4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan body sistem.
  5. Mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Kegiatan apel gelar pasukan operasi lilin singgalang 2019 Polres Padang Pariaman selesai sekira pukul 08.55 wib dalam keadaan aman dan tertib.(hms/nas)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID