TELIKSANDI
NEWS TICKER

PKS PT GSL Di Demo Ormas GRIB Jaya Di Duga Emisi Carbon Dan Limbah Cairnya Mencemari Parit Alam Warga

Sabtu, 8 Juni 2024 | 10:45 am
Reporter:
Posted by: admin
Dibaca: 61

Labusel | TELIKSANDI.id – Aksi demo yang dilakukan oleh Ormas GRIB Jaya di PKS PT. Gunung Selamat Lestari (GSL) Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Ada pun Aksi tersebut di lakukan oleh Organisasi Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya.

Menuntut agar instansi yang terkait, dan penegak Hukum Kabupaten Labuhanbatu Selatan Segera Melakukan Tindakan secara tegas sesuai Hukum yang berlaku di NKRI tepat pada, Kamis (06/06/2024) di depan pintu Gerbang PKS PT GSL Ormas GRIB yang berorasi menuntut agar PKS PT.GSL ditutup. 

Ormas GRIB Jaya melakukan Aksi demo tersebut karna Suspect kecurigaan kuat bahwa PKS PT Gunung selamat Lestari (GSL) Kuat dugaan telah melakukan perbuatan melanggar hukum, yaitu kerap dugaan kuat kerab melaksanakan Pembuangan limbah dengan sengaja memuntahkan limbah cairnya ke parit alam dan anak sungai yang berada di belakang PKS PT.GSL tersebut.

Limbah cair tersebut menyebabkan terkontaminasi air sungai tersebut yang menyebabkan ikan bermatian yang tempat warga untuk mencari ikan sehari-hari cari nafkah untuk kelangsungan hidup seterusnya.

Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Labusel di minta agar segera memanggil pihak management perusahaan dan memeriksa sample air sungai yang keluar dari kolam Sadimentasi apakah BOD nya sudah Standard sample airnya di analysa di Laboratorium PT. Indah Perkasa Chemical juga FTK USU Medan dan meminta Perizinan terpadu Labusel segera periksa dokumen UKL dan UPLnya terkait izin Pengelolaan limba(IPAL) dan Emisi Carbon yang keluar dari cerobong asap Boiler(Chemney), yang selama ini abu Boiler tersebut berterbangan di pemukiman warga sekitar PKS tersebut hingga ke tempat ibadah Masjid As-Syura.

Jelas-jelas mengakibatkan masyarakat sekitar resah kemungkinan kejadian ini Kerab terjadi yang dilakukan oleh Pihak Perusahaan sejak perusahaan itu berdiri, ”sebut para Orator Aksi Demo yang di lakukan Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB )Labusel yang mendapat pengawalan ketat Personel Polres Labuhanbatu Selatan yang di pimpin Kabag Ops Kompol Rahman SH.

Ketua GRIB Jaya Labusel A.Situmorang menyampaikan Aksi ini tidak sampai di sini saja dan ini akan terus berlanjut dan melibatkan DPRD Labusel untuk menggelar Rapat Dengar pendapat (RDP) terangnya dalam aksi tersebut.

Kadis DLH Syarifuddin bersama Sekretaris DLH Hasian Harahap dan Para kabid terpaksa turun kelapangan menemui para pendemo untuk menjawab dan mendengar aspirasi para aksi sekaligus menampung beberapa tuntutan para pendemo.

Kadis DLH dalam keterangannya mengatakan, mengaku sudah melayangkan surat teguran secara tertulis kepada PT GSL, saat ini kami tinggal menunggu keputusan Pak Bupati Labusel sebagai pimpinan tertinggi di Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini , dan seharusnya bagai mana di bawak masalah limbah Cair PKS PT GSL yang selalu Meresahkan Masyarakat sekitar perusahaan” sebut Kadis DLH.

Pihak managemen PT GSL tidak mau memberikan komentar atau keterangan terkait Demo warga yang sangat Riskan sekali. Pimpinan yang anggap sepele orasi tersebut hanya melalui Security penyampaian bahwa pimpinan perusahaan PT GSL tidak bersedia di konfirmasi awak media.

Terkait aksi demo ormas GRIB tentang adanya dugaan pencemaran limbah cair dan Emisi Carbon dari pihak PKS PT Gunung Selamat Lestari(PT.GSL) sama sekali tidak memperdulikan dengan warga masyarakat sekitarnya. (Red/MW)

Share this:

[addtoany]

Berita Lainnya

AWPI PERS GUARD - TELIKSANDI.ID